2012/10/24

Psikologi KEPRIBADIAN

Psikologi KEPRIBADIAN

 Tulisan Yang Terbatas inisial hanya memuat beberapa pembahasan mengenai Aspek-Aspek kejiwaan seseorang Illustrasi Pribadi Yang sering ditemui Illustrasi kehidupan sehari-Hari Dalam, atau latihan-latihan, karena latihan Yang kitd laksanakan berhubungan Artikel Baru manusia sebagai objek Artikel Baru membawa berbagai Karakter, tipe kepribadian Dan temperamen.

A. Perasaan

Kerap Kali kitd melihat orangutan Tampak Gembira atau sedih. Gembira atau sedih inisial adalah pernyataan-pernyataan perasaan. Perasaan ITU menyatakan sesuatu tentang keadaan jiwanya PADA suatu SAAT. Ada rasa "Suka Dan tidak Suka".
Rasa Suka adalah rasa Yang menyenangkan: enak, ketenangan, Keindahan, lezat, kebahagiaan Dan sebagainya. Rasa tidak Suka adalah rasa tidak enak Yang, tidak menyenangkan, dukacita, takut, khawatir, gelisah, kesedihan, kacau Dan sebagainya.
Perasaan ITU Selalu bersifat perseorangan, Selalu Bersama-sama Artikel Baru gejala-gejala jiwanya Before, seperti teringat sesuatu, frustasi, kecewa, bahagia Dan Lain Lain. Perasaan biasanya menyatakan Diri Artikel Baru tingkah laku Dan dapat diselidiki Artikel Baru jalan ekstrospeksi Dan introspeksi. Perasaan ADA Yang bersifat biologis Dan rohaniyah. Perasaan biologis meliputi perasaan Yang berhubungan Artikel Baru fungsi Hidup jasmaniah (lapar, haus, letih, Lesu Dan LAIN-LAIN).
Perasaan rohaniyah meliputi, perasaan intelek Yang menyertai pekerjaan intelektual, perasaan estetis Yang berhubungan Artikel Baru Keindahan (termasuk Hal-Hal Yang lucu), perasan etis Yang berhubungan Artikel Baru perbuatan BAIK BURUK Dan, perasaan keagamaan Yang berhubungan Artikel Baru peristiwa-peristiwa dimana kitd ingat kepada tuhan, perasan Diri Yang menyertai Gambaran kitd Sendiri (positif Dan negatif, Kompleks rendah / superior), perasaan sisial Dalam, hubungan kitd Artikel Baru orangutan Lain.

B. Prasangka

Prasangka adalah predisposisi untuk memberikan PENILAIAN Yang diskriminatif terhadap Pribadi atau Kelompok tertentu. * Menurut analisis secara transaksional, Hal inisial terjadi karena Cara Hidup Yang kitd peroleh bahasa Dari pengalaman sejak Kecil atau Masa Lalu menjadikan kitd tidak dapat melihat keadaan sebenarnya Artikel Baru jelas. Kita mempunyai Harapan-Harapan tertentu tentang orangutan Lain-seringkali Harapan Yang bersifat negatif -, karena perbedaan hormone hormon kelamin, suku Bangsa, agama atau perbedaan Kelompok. Harapan-Harapan demikian seringkali tidak diajarkan Terus Terang PADA kitd, tetapi diangkat Bahasa Dari pengamatan kitd terhadap prasangka mereka Yang berpengaruh PADA Masa Kecil kitd.
Ketika SAYA melakukan / memimpin sebuah PELATIHAN (Up-grading), seorang peserta Wanita meminta waktu untuk berbicara Artikel Baru SAYA PADA Hari Ke 2. Ia kelihatan Ulasan Sangat kikuk Dan mengatakan kepada Saya, bahwa besarbesaran tidak Tahu Apa Yang harus dikatakannya. SAYA memberikan dorongan Dan akhirnya besarbesaran mengatakan "SAYA merasa malu Ulasan Sangat! ketika PERTAMA Kali ANDA masuk ruangan untuk memberikan materi, Saya BACAKAN jengkel ". "Bayangkan, ketika SAYA memutuskan untuk ikut Acara inisial, Saya Akan dipimpin oleh seorang Yang pemarah", "Akan tetapi SAYA merasa tertipu oleh prasangka SAYA, Dan PENGHASILAN harus SAYA katakan kepada ANDA, bahwa ANDA adalah orangutan Yang Ramah Dan Suka humor Dan materi Yang ANDA berikan Ulasan Sangat berguna BAGI SAYA "," SAYA Ulasan Sangat malu karena waktu ITU Langsung mengira bahwa SAYA Akan "ketakutan" Dan tidak Akan mendapatkan materi Yang berguna, karena ANDA terlihat seperti seorang Yang Galak ".
Peserta Wanita nihil telah mempunyai prasangka Yang Bukan-Bukan, TAPI besarbesaran tidak bersikeras Artikel Baru prasangkanya, sehingga besarbesaran Masih dapat berubah pandangan. Sayang Sekali PADA beberapa kasus, ADA orangutan Yang demikian KUAT prasangkanya, sehingga tidak dapat mengubahnya, karena prasangka dapat mendistorsi PERSEPSI kitd tentang realita, Maka prasangka merupakan hambatan Yang Besar Dalam, komunikasikita Artikel Baru orangutan Lain. Menyadari prasangka kitd Sendiri biasanya Sulit, karena kitd Selalu Yakin Akan kebenaran prasangka ITU.
Adakalanya prasangka Mampu membuat seseorang Yang kurang Percaya Diri merasa lebih BAIK. Prasangka dapat membuat orangutan memandang rendah orangutan berbaring. Sesungguhnya Hal demikian justru mempersulit upaya mengenali Dan menghilangkan prasangka. Orang Yang Ulasan Sangat dikuasai prasangka biasanya Selalu merasa tidak Aman Dan bersifat kaku.
Mereka Selalu mencoba mengatasi keraguan Dan ketakutan mereka Artikel Baru merendahkan orangutan Lain, melemparkan kesalahan PADA orangutan Lain, Dan menganut faham Yang dogmatis. Menyadari sifatnya nihil, membuat kitd tidak mudah Marah terhadapnya. Orang Yang demikian tidak Akan menjadi BAIK Bila dihadapi Artikel Baru Yang SIKAP keras menuntut Dan, sebaiknya, mereka membutuhkan rasa Aman Dan Tenang, sebelum Mampu menghilangkan sikapnya Yang kurang BAIK.

C. Delusi

Delusi merupakan keyakinan semu Yang sesungguhnya tidak BENAR, Dan tidak dapat dikoreksi Artikel Baru Pikiran Sehat. Terdapat perbedaan ANTARA delusi Artikel Baru Yang kekeliruan adakalanya kitd lakukan Illustrasi menanggapi Fakta-Fakta, karena delusi ditimbulkan oleh berbagai perasaan negatif. Timbul delusi Bila perasaan Yang KUAT mewarnai PERSEPSI kitd tentang Dunia, Diri kitd atau orangutan Lain. Mungkin kitd Masih ingat bagaimana seseorang merasa bahwa orangutan-orangutan menilai dirinya secara negatif.
Delusi menyudutkan kitd untuk melakukan tindakan Yang mengacaukan situasi. Kita bertindak berdasarkan PERSEPSI salat Yang membuat kitd membayangkan respons negatif bahasa Dari orangutan Lain, karena ITU mungkin Sekali kitd justru mendapat Reaksi seperti Yang dibayangkan sehingga menguatkan rasa takut kitd.

D. Atribusi

Kita mencoba memahami * Semua pengalaman-pengalaman kitd, kemudian berupaya agar pengalaman-pengalaman nihil bermakna, Dan menafsirkannya. Atribusi, beberapa alasan Yang kitd gunakan untuk menerangkan pengalaman-pengalaman kitd biasanya mengacu PADA beberapa ciri KHUSUS seseorang (bahasa Dari kitd Sendiri Dan orangutan Lain) atau PADA keadaan Sekitarnya. Atribusi Yang kitd miliki membantu pembentukan Khayalan kitd Yang terarah.
Tina mempunyai Kendaraan bermotor Badan Yang berlebihan. Ia takut orangutan tidak menyukainya, oleh karena ITU AGLOCO menghindari pertemuan-pertemuan di Masyarakat. Ia mengkambinghitamkan kegemukannya sebagai penyebab kesulitan-kesulitannya. Bila tidak besarbesaran * Mengurangi Kendaraan bermotor badannya, AGLOCO Akan Terus Saja berkeyakinan bahwa * Semua masalah Yang diambilnya dapat teratasi Bila Kendaraan bermotor badannya turun-.

E. Disonansi kognitif

 Adakalanya pemahaman kitd terganggu, sehingga menyulitkan kitd. Kita merasakan disonansi kognitif JUGA Bila SIKAP Dan tingkah laku kitd tidak SERASI. Disonansi kognitif terjadi Bila kehidupan psikologis kitd tidak Harmonis.
Eman adalah seorang perokok Kendaraan bermotor, ketika bermunculan himbauan-himbauan tentang Bahaya merokok BAGI Kesehatan, besarbesaran Selalu mengatakan Akan berhenti merokok. Tetapi kenyataannya tidak, Dan besarbesaran tidak berbicara tentang Lagi Rencana menghentikan Kebiasaan nihil. Tampaknya besarbesaran Tetap menikmati Kebiasaan merokoknya. Suatu SAAT Bila besarbesaran didesak tentang Hal ITU, iapun mengatakan bahwa besarbesaran sesungguhnya Tahu Dan harus berhenti merokok, TAPI hidupnya PENGHASILAN Ulasan Sangat tertekan, sehingga besarbesaran tidakdapat berhenti merokok sekarang inisial.
Suami menunjukkan bagaimana terjadinya disonansi kognitif. Keadaan nihil BAGI kitd sesungguhnya tidak enak. Bila terjadi disonansi, ADA sesuatu Yang harus dilepas, atau ADA ketidaksesuaian ANTARA suatu keyakinan Artikel Baru keyakinan-keyakinan atau SIKAP Yang Penting. Bersikeras mempertahankan kedua-duanya, Akan Terasa Ulasan Sangat menyiksa. Pikiran Eman Yang PERTAMA adalah berhenti merokok, tetapi besarbesaran tidak sanggup melakukannya. Kemudian besarbesaran mengabaikan peringatan tentang Kesehatan (menganggap bahwa peringatan nihil Bukan ditujukan kepadanya) Dan besarbesaran dapat Terus Artikel Baru Santai merokok. Ketika besarbesaran diberitahu untuk memperhatikan peringatan-peringatan inisial, besarbesaran meyakinkan dirinya bahwa besarbesaran Nanti Akan berhenti merokok, besarbesaran menggunakan beberapa Cara disonansi kognitif untuk mengatakan Hal ITU.
Dua Cara Lain untuk menghadapi disonansi adalah Artikel Baru Reaksi "Anggur Yang masam" Dan "Jeruk Yang manis". Kita mencoba meyakinkan bahwa sebenarnya Diri kitd tidak menginginkan APA Yang tidak dapat kitd peroleh, atau bahwa kitd menyenangi sesuatu Yang tidak kitd kehendaki tetapi kitd tidak dapat melepaskannya. Kita dapat mengatasinya JUGA Artikel Baru mengusahakan persesuaian Pendapat tentang keyakinan tertentu Yang Penting untuk memperkuat keyakinan kitd Yang kurang KOKOH.

F. Gaya Interpersonal

Gaya antarpribadi berkaitan Artikel Baru Cara kitd memperlakukan orangutan Lain Dan perlakuan terhadap orangutan Lain Diri kitd Sesuai Artikel Baru Yang kitd harapkan. Orang dewasa seperti halnya Anak-anak, berbeda caranya berkomunikasi Artikel Baru orangutan Lain. Ada orangutan Yang hanya: sedikit memberikan andil BAGI orangutan Lain, tetapi banyak Sekali Yang mengharapkan bahasa Dari andil orangutan Lain. Ada orangutan Yang memanfaatkan kemarahan meluap-luap Yang untuk mendapatkan APA Yang mereka inginkan atau membisu atau menarik Diri Bila keadaan dirasakannya tidak menyenangkan. Ada pula Yang mencoba mempermainkan atau "memanfaatkan" orangutan Lain Dan adapula Yang Ulasan Sangat menghargai orangutan Lain Dan memperlakukannya sebagaimana mereka Ingin diperlakukan. Seperti halnya Gaya moral, kitd mengikuti suatu Cara tertentu Illustrasi Menuju kematangan hubungan pergaulan.

 G. Tahap Impulsif

Tina mempertimbangkan masalah-masalah moral yang hanya PADA SAAT-SAAT AGLOCO menemui kesulitan. Tampaknya AGLOCO tidak mengerti bahwa orangutan membutuhkan PERATURAN-PERATURAN mengenai therapy terapi Illustrasi kehidupan Bersama. Baginya, suatu perbuatan tercela hanyalah perbuatan Yang-perbuatan Yang dapat dihukum, Tina Hidup * Menurut impulsnya, adakalanya besarbesaran Mabuk-mabukan Dan termasuk orangutan Yang "bermurah Hati" Dalam, kehidupan seksual.
Bila mengalami frustasi atau Mara, Tina Suka mengamuk. Ia memandang orangutan Lain sebagai Sumber masukan, Dan menilai Diri mereka bahasa Dari seberapa banyak mendapatkan bantuan orangutan nihil kepadanya. Dalam, pandangannya terpusat Yang PADA Diri Sendiri ITU, besarbesaran mengabaikan perasaan Dan keinginan orangutan Lain. Bila masalah antarpribadi menjadi terlalu Sulit, AGLOCO Akan Artikel Baru Serta Merta melarikan Diri Bahasa Dari keadaan, tidak berusaha memperbaiki Dan mencarikan Solusi bahasa Dari permasalahan Yang Muncul TAPI bahkan mengakhiri suatu hubungan interpersonal.
Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal "> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal"> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal "> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal"> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal "> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal"> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal "> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal"> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal "> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal"> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal "> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan Dan Apa Yang dirasa Ingin dilakukannya. Bila Hal ITU tidak menyenangkan, besarbesaran menjadi Bosan Dan berusaha MENCARI kesenangan. Ia memandang Tanggung Jawab sebagai bebormal"> Tina melewatkan sebagian Besar waktunya untuk berfikir tentang APA Yang besarbesaran inginkan

Kepribadian ITU memiliki banyak arti, bahkan saking banyaknya Boleh dikatakan JUMLAH definisi Dan arti bahasa Dari kepribadian adalah sejumlah orangutan Yang menafsirkannya. Hal inisial terjadi karena adanya perbedaan Illustrasi penyusunan Teori, penelitian Dan pengukurannya.Kepribadian secara UMUM Kepribadian atau kepribadian berasal bahasa Dari kata persona, kata persona merujuk PADA topeng Yang Biasa digunakan para pemain sandiwara di Zaman Romawi. Secara UMUM PADA kepribadian menunjuk bagaimana individu tampil Dan menimbulkan kesan BAGI individu-individu Before. PADA dasarnya definisi bahasa Dari kepribadian secara UMUM inisial adalah Lemah karena hanya menilai therapy terapi Yang dapat diamati Saja Dan tidak mengabaikan kemungkinan bahwa ciri-ciri inisial Bisa berubah Tergantung PADA situasi Sekitarnya selain ITU definisi inisial disebut Lemah karena sifatnya Yang bersifat evaluatif (menilai), bagaimanapun PADA dasarnya kepribadian ITU tidak dapat dinilai "BAIK" atau "BURUK" karena bersifat netral.
Kepribadian * Menurut psikologi
Untuk menjelaskan kepribadian * Menurut psikologi SAYA Akan menggunakan Teori Bahasa Dari George Kelly memandang bahwa Yang kepribadian sebagai Cara Yang Unik Bahasa Dari individu Illustrasi mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya. SEMENTARA Gordon Allport merumuskan kepribadian sebagai "sesuatu" Yang terdapat Illustrasi Diri individu Yang membimbing Dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu Yang bersangkutan.
Lebih rinci tentang definisi kepribadian * Menurut Allport yaitu kepribadian adalah suatu organisasi Yang Dinamis bahasa Dari SISTEM psikofisik individu Yang menentukan tingkah laku Dan Pikiran individu secara Khas.
Allport menggunakan istilah SISTEM psikofisik Artikel Baru maksud menunjukkan bahwa jiwanya Dan raga manusia adalah suatu SISTEM Yang Terpadu Dan tidak dapat dipisahkan Satu sama Lain, Serta diantara keduanya Selalu terjadi Interaksi Dalam, mengarahkan tingkah laku. Sedangkan istilah Khas Illustrasi Batasan kepribadian Allport ITU memiliki arti bahwa setiap individu memiliki kepribadiannya Sendiri. Tidak ADA doa orangutan Yang berkepribadian sama, karena ITU ADA doa tidak orangutan Yang berperilaku sama. Sigmund Freud memandang kepribadian sebagai suatu Struktur Yang terdiri Bahasa Dari Tiga SISTEM yaitu Id, Ego Dan Superego. Dan tingkah laku, * Menurut Freud, tidak Lain merupakan REVENUES bahasa Dari konflik Dan rekonsiliasi SIBOR SISTEM kerpibadian nihil. Bahasa Dari sebagian Besar Teori kepribadian Diatas, dapat kitd ambil kesamaan sbb (E. Koswara):

1. sebagian Besar Batasan melukiskan kerpibadian sebagai suatu Struktur atau organisasi hipotesis, Dan tingkah laku dilihat sebagai sesuatu Yang diorganisasi Dan diintegrasikan oleh kepribadian. Atau Artikel Baru kata Lain kepribadian dipandang sebagai "organisasi" Yang menjadi penentu atau pengarah tingkah laku kitd.

2. sebagian Besar Batasan menekankan perlunya memahami arti perbedaan-perbedaan individual. Baru istilah "kepribadian", keunikan bahasa Dari setiap individu ternyatakan. Dan melalui studi tentang kepribadian, sifat-sifat atau kumpulan sifat individu Yang membedakannya Artikel Baru individu Lain diharapkan dapat menjadi jelas atau dapat dipahami. Para teoris kepribadian memandang kepribadian sebagai sesuatu Yang Unik Dan atau Khas PADA Diri setiap orangutan.

3. sebagian Besar Batasan menekankan pentingnya melihat kepribadian bahasa Dari sudut "sejarah Hidup", perkembangan, Dan Perspektif. Kepribadian, * Menurut teoris kepribadian, merepresentasikan proses imunisasi meliputi keterlibatan subyek atau individu Atas pengaruh-pengaruh internal yang eksternal Dan Yang mencakup faktor-faktor genetik atau biologis, pengalaman-pengalaman sosial, Dan perubahan Pelanggan Customers.

0 comments:

Post a Comment

terimakasih atas kunjungannya tinggalkan komentar anda